Kamis, Maret 15, 2012

Resume TOU : Perilaku Konsumen (Kel. 2)



Konsumen

Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Perilaku konsumen yaitu proses berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Wujud konsumen ada dua, yaitu :
1.   Personal Consumen, konsumen membeli barang atau menggunakan jasa untuk kepentingan sendiri.

2.   Organization Consumen, konsumen membeli barang atau menggunakan jasa untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
a.    Faktor Sosial, yang dibagi menjadi :
·     Group
·     Family Influence
·     Rolls and Status
b.   Faktor Personal, yang dibagi menjadi :
·     Economi Situation
·     Life Style
·     Personality and Self Concept
·     Age and Life Cycle Stage
·     Occupation
c.    Faktor Psikologikal, yang dibagi menjadi :
·     Motivation
·     Perception
·     Learning
·     Believe and Attitude
d.   Faktor Kurtural, yang dibagi menjadi :

Pendekatan Konsumen terdiri dari dua teori, yaitu :
a.    Teori Kardinal
Teori ini menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara nominal, sebagaimana kita menghitung berat dengan gram atau kilogram, panjang dengan centimeter atau meter.
b.   Teori Ordinal
Kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan, sebagaimana kita menilai kecantikan atau kepribadian orang lain.
Ø Kurva Indevensi
Ø Kurva Garis Anggaran
Ø Perubahan Harga Barang dan Pendapatan

Menurut Adi W., ada sepuluh ciri-ciri konsumen Indonesia, yaitu :
1.   Berpikir jangka pendek / berpikirnya serba instan
2.   Tidak terencana / asal beli saja
3.   Suka berkumpul
4.   Gagap teknologi (gaptek)
5.   Berorientasi pada konteks / menilai barang dari luarnya saja
6.   Suka buatan luar negeri
7.   Beragama
8.   Gengsi
9.   Budaya lokal / fanatik unsur kedaerahan
10.    Peduli lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar