Minggu, Januari 06, 2013

Menyiasati Wawancara Kerja



Jenis wawancara kerja

Dalam dunia kerja, dikenal beberapa tipe wawancara kerja sebagai berikut :

A.       Wawancara Seleksi (Screening Interview). Jika pelamar atau kandidat untuk menduduki jabatan berjumlah lebih dari satu orang maka dilakukan wawancara kerja untuk menyeleksi siapa diantara kandidat tersebut merupakan kandidat yang paling qualified sehingga bisa dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Wawancara seleksi biasanya berlangsung singkat antara 15-30 menit.

1.       Wawancara Telepon (Telepon Interiew). Demi menghemat biaya dan efisiensi waktu, banyak recruiter yang melakukan wawancara kerja melalui telepon. Oleh sebab itu, pelamar harus siap dihubungi sewaktu-waktu, sebab seringkali recruiter tidak memberikan pilihan bagi pelamar untuk menentukan kapan ia siap diwawancarai melalui telepon.

2.       Wawancara di Kampus / Sekolah (On-Campus Interview). Meskipun tidak banyak perusahaan melakukan wawancara kerja di kampus,  namun untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang mencari para lulusan untuk dilatih lebih lanjut. Cara ini dinilai sangat efektif karena memberikan akses bagi perusahaan tersebut untuk mendapat kandidat terbaik yang mungkin sangat sulit diperoleh jika menunggu para kandidat tersebut datang melamar.
3.       Wawancara di Pameran Kerja (Job Fair Interview). Pameran kerja diadakan untuk menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja. Pada pameran kerja biasanya, perusahaan memberikan berbagai informasi mengenai perusahaannya, menerima surat lamaran dan CV dari pengunjung (pencari kerja), bahkan tidak jarang para recruiter langsung melakukan wawancara di stand (booth) mereka. Di Indonesia memang pameran seperti ini masih sangat jarang dilaksanakan jiak dinbandingkan dengan pameran otomotif, rumah maupun furniture.

B.       Wawancar di Lokasi Kerja (On-Site Interview). Ketika seorang kandidat telah lolos dalam tahap wawancara seleksi, seringkali perusahaan mengundang kandidat tersebut untuk melihat secara langsung lokasi kerja. Pada kesempatan tersebut recruiter biasanya langsung melakukan wawancara secara mendalam. Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja pada lokasi yang lingkungannya kurang lebih sama, wawancara kerja di lokasi mungkin bisa terasa menakutkan karena mungkin harus melakukan karena mungkin harus melakukan perjalanan dan berada di wilayah yang tidak ia kenal.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar