Selasa, Oktober 18, 2011

Ensiklopedia : Kurang Tidur? It’s Dangerous!

Tidur adalah cara alamiah tubuh untuk memulihkan diri. Bila tidur terganggu, berbagai penyakit mudah datang. Mulai dari sulit konsentrasi, kegemukan, kepikunan sampai impotensi!

Penelitian Kedokteran Tidur menegaskan bahwa berhutang tidur (kekurangan dari jatah tidur yang biasa) selama 1,5 jam saja dapat menggangu prestasi kerja (menurun 30%) dan meningkatkan kecelakaan kerja (seperti bencana reaktor nuklir Chernobyl dan kecelakaan pesawat ulang-alik Challenger).

Di negara maju, ada data bahwa setelah alkohol, mengantuk merupakan penyebab 50% kecelakaan lalu lintas. Di Asia yang pecandu alkohol tidak sebanyak disana, mengantuk merupakan penyabab nomor satu.


Pada orang yang tidak mengalami fase REM (Rapid Eye Movement, fase tidur paling lelap), bisa terjadi gangguan kepribadian dan gangguan jiwa. Bila kita sama sekali tidak tidur selama 2 minggu akibatnya adalah kematian.

Jelaslah bahwa bila tidur terganggu, bukan cuma orang bersangkutan yang dirugikan, melainkan juga orang-orang sekitarnya. Tak heran, bila di Singapura dan negara maju lainnya, para sopir dan pekerja lain yang bertanggung jawab atas keselamatan orang banyak harus menjalani tes tidur lebih dahulu.

Tips agar lekas dan pulas tidur :
• Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur. Makanlah pada waktu berjarak paling cepat 2 jam dari waktu tidur.
• Minum susu hangat akan membantu terlelap. Kalsium dan protein dalam susu membantu menenangkan saraf.
• Latihan pada sore hari baik dilakukan asalkan jangan terlalu keras dan tidak dekat dengan waktu tidur (kira-kira 2-3 jam sebelum tidur). Gerak badan akan membuat darah turun ke kaki dan kondisi ini baik untuk memicu kondisi relaks.
• Tidurlah dengan lampu dipadamkan agar melatonin dapat bekerja sempurna merangsang pusat tidur dan memicu berbagai proses pemulihan.
• Kenakan pakaian yang longgar agar dapat bernapas dengan leluasa.
• Kenakan kaus kaki bila perlu. Terutama bila tidur di ruangan ber-AC. Rasa dingin di kaki bisa membuat kaki kram dan membuat sering terbangun di malam hari.
• Jangan minum terlalu banyak menjelang tidur karena anda akan terpaksa bangun untuk mengosongkan kantung urin.
• Jangan membaca di tempat tidur karena bisa memperpanjang fase pra-tidur. Naiklah ke ranjang bila sudah ngantuk. Pilih bacaan yang ringan, bukan yang menegangkan atau yang menguras emosi agar terhindar dari mimpi buruk dan mimpi sedih. Sebaiknya pilih bacaan yang sulit sehingga otak lelah dan anda lebih terpicu untuk tidur.

Sumber : Rahasia Tubuh Sehat : Rahasia Cerdas Ibu Lifebuoy 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar