Selasa, November 22, 2011

Sistem Operasi Android : Sejarah dan Versi Android

Android, Inc didirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat pada bulan Oktober, 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Setelah itu pihak Google mengakuisisi Android Inc pada bulan Agustus 2005, membuat Android Inc anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh karyawan kunci Google Inc.
Sejauh ini Android termasuk OS yang cepat sekali merilis update terbaru versi software mereka. Update untuk sistem operasi dasar biasanya berfokus pada perbaikan bug serta menambahkan fitur baru. Umumnya setiap versi baru dari sistem operasi Android dikembangkan dengan nama kode berdasarkan urutan abjad dan selanjutnya mengikuti alphabetical order seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo dan yang terbaru adalah Gingerbread dan Honeycomb.


Sementara versi selanjutnya adalah Honeycomb (v3.0), yaitu OS yang berorientasi pada tablet dan mendukung perangkat layar yang lebih besar dan memperkenalkan banyak fitur baru antarmuka pengguna. Serta mendukung prosesor multicore dan akselerasi hardware untuk grafis. Honeycomb telah dirilis dan perangkat pertama yang menampilkan versi ini adalah tablet PC Motorola Xoom. Versi berikutnya kemungkinan adalah Ice Cream Sandwich. Utnuk versi terakhir pihak Google kemungkinan akan merilisnya pada kuartal 4 tahun 2011.

Kali ini pembahasan hanya akan menyentuh beberapa fitur baru yang ada pada versi Android Gingerbread (v2.3). Beberapa perangkat saat ini sudah menggunakan OS anyar ini diantaranya adalah Samsung Google Nexus S, Sony Ericsson Arc, HTC Wildfire S maupun Samsung Galaxy S II.

Features

Beberapa kelebihan yang ada pada sistem operasi terbaru Android yakni Gingerbread antara lain :
1. Dukungan pada Kamera Design
Aplikasi kamera dia Android 2.3 sudah mendukung kamera depan sejak awalnya. Artinya produsen seperti HTC, yang salah satu versi ponsel Androidnya sudah memiliki dua kamera, bisa langsung memasang dua kamera di ponsel Android.

2. NFC (Near-Field Communication)
Aplikasi NFC akan tersedia di dalam Gingerbread dan hal ini memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik.

3. Ponsel Internet
Kemampuan telepon via internet, atau Voice over IP, sudah pula didukung. Tanpa aplikasi tambahan, pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP, tentu dengan setting SIP manual.
Pengguna dapat mrmbuat panggilan suara melalui internet utnuk pengguna lain yang memiliki rekening SIP. Untuk menggunakan panggilan internet, user harus membuat account di penyedia SIP pilihan mereka – account SIP tidak diberikan sebagai bagian dari fitur panggilan internet.

4. Tampilan yang Lebih Rapih
Tampilan antarmuka dari Gingerbread bakal makin rapih dan mudah dipelajari. Menu visual diperbaiki oleh Google untuk mempermudah navigasi interface yang disempurnakan dalam banyak hal sehingga lebih mudah untuk digunakan. Adanya perubahan pengaturan menu dan mempermudah pengguna untuk menavigasi dan kontrol fitur dari sistem dan perangkat.

5. Manajemen Aplikasi
Akan tersedia shortcut untuk aplikasi bernama Manage Applications. Disini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan. Pengguna dapat membaca keterangan lebih lanjut tentang aplikasi masing-masing dan jika perlu menghentikan aplikasi atau melaporkan kepada pengembang tersebut.

6. Copy Paste
Kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS, lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

Saat memasukkan teks atau melihat halaman web, pengguna dapat dengan cepat memilih kata dengan menekan-tahan, lalu copy ke clipboard dan paste. Pengguna dapat menyesuaikan daerah pemilihan yang diperlukan dengan menyeret satu set ounding panah untuk posisi baru, lalu salin area yang dibatasi dengan menekan manapun di area seleksi. Untuk entri teks, pengguna dapat melakukan geser-tekan untuk memasukkan modus kursor, maka kursor akan berpindah dengan mudah dan akurat.

7. Manajemen Download
Aplikasi Download memberikan akses mudah untuk setiap file yang didownload dari email, browser, atau aplikasi lain. Download dibangun di fasilitas download manager dan menginformasikan bahwa setiap aplikasi lain dapat digunakan, hal ini digunakan untuk lebih mudah mengatur dan menyimpan aplikasi yang telah didownload.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar