Sabtu, Juni 22, 2013

Tugas Bahasa Indonesia ke 2 Edisi April 2013



Nama Kelompok :
·      Fitri Intan Ekawati (12110831)
·      Hanifidiani (13110122)
·      Novi Latifah (15110054)
Kelas: 3KA08


1.    Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsur kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.
Jawaban:
Kalimat efektif
a.    Buntut tuduhan pemerkosaan yang dilakukan Park Shi Hoo membuat nasib aktor itu semakin terpuruk.
b.    Penyebabnya, ayah Arissa tidak setuju putrinya pacaran dengan Vanness.
c.    Piyu yang merupakan pentolan sengaja Pasi tidak diajak.
d.    Piyu meyakini Padi akan eksis karena masih terikat kontrak dengan labelnya Sony Music.
e.    “apa yang dia omongin ya seperti itu”.
Pembenaran
a.     Akhir tuduhan pemerkosaan yang dilakukan Park Shi Hoo membuat nasib aktor itu semakin terpuruk.
b.    Penyebabnya, ayah Arissa tidak setuju putrinya berpacaran dengan Vanness.
c.    Piyu yang merupakan pemuka sengaja Pasi tidak diajak.
d.    Piyu yakin Padi akan eksis karena masih terikat kontrak dengan labelnya Sony Music.
e.    “apa yang dia bicarakan ya seperti itu”.

Sumber : Tabloid Nyata, 4 April 2013.
Judul artikel :
a.    Diboikot stasiun TV korea
b.    Vanness Wu Menikah di Bulan Juli
c,d.  Band Padi Antara Ada dan Tiada
e Siti KDI Kenal Dengan Suami Lewat Dunia Maya

2.    Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.
Jawaban:
Ketergantungan Tempat dan Ketergantungan Waktu
·      Aktivitas yang padat di kantor, bahkan tak jarang membawa pulang pekerjaan ke rumah, kerap membuat ibu bekerja tidak dekat dengan anaknya. (ummi, selalu lekat dengan anak)
·      Sorenya, mereka bersama – sama lagi kembali ke rumah. (ummi, selalu lekat dengan anak)
·      Sebelumnya saya jarang di rumah karena berdakwah dan mengelola butik YM Collection. (ummi, kuncinya saling menghormati dan menghargai)

3.    Cari masing-masing 3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting. Tulis sumber kutipannya.
Jawaban:
Kalimat yang menunjukan peristiwa logis
·      Kalau kita biarkan dan tidak kita kelola dengan adil, tepat, dan tuntas, maka semua itu akan merusak rasa keadilan, mengganggu kepastian hukum, mengganggu rasa aman, dan rasa tentram masyarakat (arahan presiden SBY dalam menangani konflik horizontal, ketenagakerjaan dan pertanahan)
·      Memang kepada kita diamanahkan, ditugaskan untuk mencari cara- cara yang lebih tepat karena cara-cara yang lebih tepat yang persis seperti dulu dianggap tidak sesuai lagi dengan era demokrasi sekarang ini. (arahan presiden SBY dalam menangani konflik horizontal, ketenagakerjaan dan pertanahan)
Penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting
·      Bulan depan dan depannya lagi, Lady Gaga akan manggung di Jakarta (Koran Jakarta, Buaian Demam Korea)
·      Banyak orang ingin hidup pas-pasan, pas ingin rumah, dapat yang mewah, pas ingin kendaraan, dapat yang keluaran murtakhir, pas mau liburan, diajak ke luar negeri. (ummi, menikmati kemewahan salahkah?)

4.    Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan. Salin kalimat itu dan tuliskan sumbernya.
Jawaban:

5.    Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:
a.    Frase keterangan tempat
b.    Frase keterangan waktu
c.    Frase keterangan cara
d.   Frase verbum
e.    Partikel penghubung
Jawaban:
a.    Frase Tempat
·      Cirebon terkenal dengan julukan Kota Udang, tapi nyatanya banyak hidangan lezat selain udang. (Koran Jakarta, Menyantap Nasi Goreng Buah di Santika Cirebon)
·      Lampung menyimpan berbagai potensi pariwisata yang saying jika dilewatkan. (Koran Jakarta, Keunikan Pariwisata Lampung)
·      Di kampong Sarongge, Presiden SBY melakukan penanaman pohon Rasmala (Altingia Exelsa) sementara ibu Negara menanam pohon Ki Hujan (Engelhardia Spicate) sebagai bagian dari pohon yang diadopsi presiden SBY dan Ibu ani di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. (Berita Untuk Rakyat, Arahan & Bantuan Presiden SBY Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Gunung Pangrango)
b.    Frase Waktu
·      Tahun 1999 ayah saya meninggal dunia, menyusul ibu yang wafat lima tahun sebelumnya. (Ummi, Keluarga Sakinah Harus Ada Dakwah)
·      Hampir setiap hari manusia disajikan berbagai iklan, baik di media internet, majalah, surat kabar, televise, maupun radio. (Koran Jakarta, Most Eyecatching Advertising Unjuk Kreativitas Untuk Iklan Berkualitas)
·      Pada 2010, Pattinson menjadi salah satu dari 100 Orang Paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME. (Koran Jakarta, Men Behind Production)
c.    Frase Cara
·      Program Raskin yang tdinya 19 ton sekarang hanya 10 ton, program pembangunan melalui PNPM Mandiri juga 90%, dilaksanakan dengan baik, bahkan tingkat Provinsi kita menjadi ranking satu. (Berita Untuk Rakyat, Arahan & Bantuan Presiden SBY Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Gunung Pangrango)
d.    Frase Verbum
·      Dengan demikian bisa diketahui, apa yang bisa dibantu oleh pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi sampai Kabupaten. (Berita Untuk Rakyat, Presiden SBY Sidak Kampung Nelayan di Tangerang)
·      Dengan pemadaman pakaian yang tepat, jeans motif bunga ini dapat dikenakan pada berbagai kesempatan acara.
e.    Partikel Penghubung
·      Namun untuk menghasilkan imajinasi lebih luas, ada baiknya anda memilih cermin berukuran besar karena hal itu akan membentuk ruangan menjadi lebih besar. (Koran Jakarta, elemen penting dalam penataan rumah mungil)
·      Mereka menilai sejak film produksi pertamanya pada 1939, Bel Ami merupakan drama erotis dan vulgar (Koran Jakarta, Kisah Culas Pria Penggoda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar