Selasa, Maret 12, 2013

Jaringan Komputer : Wired LAN dan Wireless LAN


Wired LAN adalah jaringan komputer untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Wired LAN


Wireless LAN adalah jaringan komputer yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi wireless yaitu dengan menggunakan medium gelombang radio. Jaringan komputer ini tidak membutuhkan instalasi kabel.

Wireless LAN

Topologi Wireless LAN terbagi menjadi dua, yaitu:

-        Topologi Mode Ad-Hoc
Topologi jaringan Ad-Hoc terdiri dari beberapa mobile node yang dapat saling berkomunikasi secara peer-to-peer tanpa menggunakan infrastruktur seperti access point maupun base station. Setiap mobile node memiliki wireless network interface dan saling berkomunikasi dengan memanfaatkan media radio atau infra merah. Contoh node pada jaringan Ad-Hoc adalah laptop computer dan PDA (Personal Digital Assistant) yang dapat berkomunikasi secara langsung satu dengan yang lainnya.

Topologi Mode Ad-Hoc

-        Topologi Mode Infrastruktur
Topologi jaringan infrastruktur dibangun dengan fixed infrastruktur yang terdiri atas Base Station (BS) atau Access Point (AP). Base station atau access point berfungsi memberikan service dan kontrol pada mobile node yang berada di coverage areanya. Pada topologi ini setiap BS atau AP saling dihubungkan dengan media kabel dan setiap mobile node dikoneksikan dengan base station melalui media wireless. Base station dapat berkomunikasi dengan semua mobile node yang berada di coverage area yang dimilikinya


Topologi Mode Infrastruktur

Sumber :
-        google.com
-        digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=409:wireless-lan-local-area-network&catid=10:jaringan&Itemid=14

Hanifidiani (13110122), 3KA08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar