Sabtu, September 29, 2012

Penerapan Ilmu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra


Didalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari banyak sesuatu hal yang berkaitan dengan grafik komputer dan pengolahan citra. Apa sih grafik komputer dan pengolahan citra itu?

Grafik Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Grafik Komputer juga merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).

Pengolahan Citra adalah proses memperbaiki kualitas gambar yang dilihat dari aspek radiometrik dan aspek geometrik, melakukan pemilihan citra yang optimal untuk tujuan analisis, melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek/pengenalan obyek yang terkandung pada citra dan untuk melakukan kompresi/reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.


Jadi bisa disimpulkan, grafik komputer dan pengolahan citra adalah suatu proses menciptakan suatu gambar untuk tujuan analisis atau pengenalan objek yang terkandung didalamnya yang mengandung citra. Berikut ini merupakan contoh penerapan grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari.


Bidang Arsitektur
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat design suatu tata letak ruang atau bangunan. Dapat juga memberikan informasi tentang keadaan dari tata letak ruang, seperti ukuran dan warna. Aplikasi yang biasa digunakan adalah 3D Max, 3D Home Designer Deluxe dan lain-lain.


Contoh Design sebuah rumah


Bidang Kedokteran
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan para dokter untuk membuat foto rontgent pasien dalam mendiagnosa penyakit atau luka dalam. Hal ini sangat berguna bagi bidang kedokteran karena para dokter bisa langsung tahu bagian tubuh mana yang patah atau bergeser tanpa harus melakukan operasi.



Contoh Rontgent tulang telapak tangan yang bergeser


Bidang Entertainment atau Hiburan
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat atau memperbaiki design sebuah gambar wallpaper/poster dan juga karakter animasi pada suatu film kartun dan game. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, PhotoScape, Blender dan lain-lain.


Contoh Scene dalam Game StarCraft


Bidang Pendidikan
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat bahan presentasi seperti grafik batang, garis dan lingkaran. Dengan menggunakan gambar dengan tampilan yang menarik, apa yang dijelaskan pada presentasi itu akan mudah dimengerti.


Contoh Presentasi menggunakan Grafik Lingkaran



Sumber :

2 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal Grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus