Rabu, September 28, 2011

Pengetahuan Tentang Petir

Pada saat hujan turun, pernahkah kamu melihat petir? Petir adalah peristiwa alam yang sangat berbahaya dan ditakuti semua orang karena petir menimbulkan kilatan cahaya yang diikuti dengan suara dasyat di udara. Apabila bila seseorang tersambar petir, maka seseorang tersebut akan terbakar. Akibat berbahayanya petir,maka gedung-gedung bertingkat yang tinggi dilengkapi dengan penangkal petr. Apa yang menyebabkan terjadinya petir? Mengapa gedung-gedung bertingkat dilengkapi dengan penangkal petir?
Kita akan mempelajari bagaimana cara penggosongan petir dan manfaat penangkal petir.
1. Penggosongan Muatan Listrik

Penggosongan listrik statis adalah loncatan muatan listrik terjadi pada saat muatan listrik bergerak secara bersama-sama. Contoh loncatan listrik statis yang besar adalah petir.

Penggosongan terjadi apabila tersedia suatu jalan bagi elektron-elektron untuk mengalir dari suatu benda bermuatan ke benda lain. Pemindahan muatan listrik statis dari suatu benda ke benda lain disebut penetralan. Penggosongan muatan statis di udara dapat terjadi sangat besar sehingga menibulkan suara dasyat yang disebut juga guntur.

Proses Terjadinya Petir

Sebelum terjadinya petir,muatan listrik terbentuk di dalam awan sehingga ketika butiran-butiran air saling menggosok satu sama lain. Kemudian terjadi pemisahan muatan di dalam awan. Bagian bawah awan jadi bermuatan lebih negatif dibandingkan dengan tanah di bawah awan tersebut. Terjadi sambaran petir dari awan ketika muatan negatif (elektron) meloncat dari awan bagian bawah titik tertinggi diatas tanah.

2. Manfaat Penangkal Petir

Batang logam pengankal petir sering dipasang di atas atap rumah bertingkat atau di atas bangunan tinggi dan dihubungkan kedalam tanah melalui kabel logam. Manfaat penangkal petir adalah melindungi rumah dan bangunan tinggi tersebut dari kerusakan oleh energi listrik yang besar di dalam petir.
Penangkal petir ini menyediakan suatu jalanan atau pertanahan agar arus listrik petir mengalir masuk ke dalam tanah, bukan melewati rumah atau bangunan lain. Penangkal petir merupakan contoh penggosongan muatan listrik statis yang tidak menimbulkan kerusakan.

Sumber : Pengetahuan Alam, dengan perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar