Minggu, September 26, 2010

Ensiklopedia : Awas Angin Matahari !

AWAS ANGIN MATAHARI !!!
Tahu nggak sih, rupanya angin tidak hanya ada di bumi. Matahari pun mempunyai angin. Angin matahari ini dasyat sekali karena berupa gas yang bermuatan listrik. Bzzt... bzzt... Sayangnya, angin ini sangat nakal dan berbahaya. Dia suka meniup ekor komet, menganggu satelit, serta atmosfer bumi. Lebih gawat lagi, sel tubuh manusia bisa berubah jika diterpa angin ini. Bzzt...
MATAHARI SUPER PANAS
Semua pasti pernah merasakan teriknya matahari di siang hari. Fiuh, apalagi di permukaan matahari sendiri ya! Pasti sangat puanaass! Matahari adalah bola gas helium dan hidrogen yang terbakar. Suhu permukaan matahari bisa mencapai 60000C. Kebayang kan?
Saking panasnya, gas itu ada yang menguap atau terlepas. Persis ketka air mendidih,ada uap air yang terlepas dari permukaan air. Bedanya, yang terlepas dari bola matahari ini adalah gas helium dan hidrogen
yang bermuatan listrik. Gas bermuatan listrik ini menyebar ke seluruh penjuru tata surya dan disebut angin matahari.
AWAN SALJU BEREKOR
Ada awan-awan yang mengelilingi tata surya yang disebut Awan Oort. Awan ini adalah awan salju. Kadang-kadang ada Awan Oort yang terlempar dari orbitnya. Dia melayang-layang ditarik gravitasi matahari. Ketika mendekati matahari, awan salju itu meleleh dan menjadi gas. Angin matahari mendorong gas itu sampai menyerupai ekor. Jadilah komet yang kita lihat di langit malam.
MENGUBAH SEL MANUSIA
Angin matahari berbahaya buat tubuh manusia. Jika diterpa angin listrik ini, sel tubuh manusia berubah menjadi sel bermuatan listrik. Istilah kerennya mengalami ionisasi. Ini sangat berbahaya karena sel itu akan berubah bentuk atau mengalami mutasi. Akibatnya bisa kena kanker. Atau jangan-jangan bisa jadi pahlawan Fantastic Four seperti yang ada di film? Mungkin...
PENGGANGU SATELIT
Angin matahari juga suka menggangu satelit di ruang angkasa. Terpaannya menyebabkan satelit berputar-putar. Lama kelamaan satelit ini keluar dari orbitnya. Jadi, para ahli satelit bakalan repot deh mengembalikan satelit itu ke orbitnya semula.
AURORA YANG INDAH
Kita mesti berterima kasih pada atmosfer yang melindungi bumi kita. Tanpa atmosfer, bumi tidak berdaya menahan angin matahari yang ingin masuk ke kutub magnet bumi. Lapisan atmosfer paling luar adalah jagoan buat bumi yang bernama lapisan ionosfer. Ionosfer rela menerima sengatan sinar matahari sampai jadi gas bermuatan listrik. Saat angin matahari menyerang bumi, ionosfer langsung melempar keluar angin matahari. Kadang-kadang angin matahari tidak mau kalah. Sehingga terjadi “perseturuan” antara angin matahari dengan ionosfer.
Perseturuan sengit itu menghasilkan pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan indah itu berupa tirai cahaya kehijauan dan kemerahan yang biasa disebut aurora. Tapi, aurora hanya bisa dilihat oleh orang yang tinggal di kutub utara atau kutub selatan. Kenapa? Karena kutub magnet bumi terletak di kutub utara atau kutub selatan.

Sumber : Majalah Bobo dengan perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar