Senin, September 20, 2010

Cerpen : Puisi Untuk Sang Puitis

*PUISI UNTUK SANG PUITIS*
Ku tulis kan sebuah cerita
Cerita antara kita berdua
Saling canda, saling tawa
Mengisi dunia dengan keceriaan
Ku tanamkan rasa indah dalam hatiku
Ketika ku tau kau slalu di sampingku…


“Woi, bikin puisi mulu?! Puisi apa lagi sih yang loe tulis?” kata Reno mengagetkan.
“Ah, gangguin aja loe! Inspirasi gue kan jadi hilang lagi nih… Nyebelin loe!” kata Nindi cemberut.
“Yah, maaf deh maaf! Kan gue nggak sengaja. Maaf ya, friend!” kata Reno sambil minta maaf.

“Ya deh… Tapi loe harus bikinin gue puisi ya… Ok!”
“What? Gue mana bisa bikin puisi. Kalo bikin lagu gue sih bisa, tapi kalo di suruh bikin puisi, gue nyerah deh!”
“Tapi kan gue maunya di bikinin puisi bukan di bikinin lagu. Huft!”
“Gimana ya? Iya deh gue usahain. Tapi nggak janji ya!”
“Harus!!! Bye! Gue mau balik ke kelas dulu ya. Daag!” kata Nindi sambil meninggalkan Reno di taman sekolah.
* * * * *
Teng… teng… teng…
Bel sekolah pun berbunyi menandakan pelajaran di sekolah sudah usai. Semua murid mulai berhamburan keluar dari kelas. Nindi sedang merapikan alat-alat tulisnya yang berantakan di atas meja. Reno pun muncul di depan kelas Nindi dengan menyandang tas di bahunya. Nindi pun hanya tersenyum kecil melihat Reno. Setelah selesai merapikan alat-alat tulis, Nindi pun langsung menghampiri Reno.
“Mau pulang bareng nggak?” kata Reno sambil membetulkan tasnya yang merosot.
“Ya, iyalah. Harus lagi! Kan loe tukang ojek langganan gue. Hehehe…” kata Nindi sambil nyengir kuda.
“Sialan loe. Orang ganteng kayak gini, di bilang tukang ojek. Cover boy nih!”
“Cover Boy majalah Tumbuhan kan?”
“Seterah loe aja deh... Ayo, cepetan!“
“Iya, sabar. Bentar lagi nih! Nah udah selesai! Yuk, kita pulang...!”
Di motor Reno, mereka saling bercanda. Reno dan Nindi adalah teman dari kecil. Rumah Reno hanya berjarak tiga rumah dari rumah Nindi. Dari TK, SD, SMP sampai sekarang sekolah di SMA, mereka selalu bersama karena satu sekolahan.
* * * * *
Reno datang ke rumah Nindi dengan santainya. Lalu dia mengetuk pintu.
Tok...tok...tok...
“Siapa???” kata Nindi dari dalam rumahnya.
“Ini gue! Reno!” kata Reno
“Oh loe...Ngapain loe ke rumah gue?” kata Nindi bingung.
“Nih puisi yang gue janjiin kemarin. Gue bikin dengan susah payah nih” kata Reno sambil menyerahkan secarik kertas kepada Nindi. Nindi pun langsung membaca puisi buatan Reno.
“Puisi apaan nih? Masa kata-katanya aneh kayak gini, sih?! Hahaha....” kata Nindi sambil ketawa ngakak.
“Ah sialan loe.. Yaudah kalo gitu gue pulang dulu ya. Gue ke sini cuma mau nganterin puisi doang”
“Kok pulang sih? Nggak mau nyobain brownies buatan gue dulu? Enak deh! Baru aja mateng”
“Makasih ya! Tapi gue mau langsung pulang aja soalnya tadi nyokap gue minta anterin ke rumah temennya. Katanya ada arisan bulanan gitu. Yaudah gue pamit pulang dulu ya. Bye!!!” kata Reno sambil melambaikan tangannya.
“Yaudah deh. Bye!!!”
* * * * *
“Cie... Cie... Reno semakin hari semakin mesra aja sama Nindi...” kata Bima temen sekelas Reno.
“Ah apaan sih loe! Tiap hari bisanya cuma ngeledekin gue doang” kata Reno sambil menyampirkan tasnya di tempat duduknya.
“Eh, by the way, loe tuh udah jadian ya sama si Nindi?”
“Ya nggak lah. Nggak mungkin gue jadian sama dia. Dia kan cuma sahabat doang. Nggak lebih!”
“Beneran nih? Lagian tiap hari loe selalu bareng terus sama dia. Emang loe nggak suka ya sama dia?”
“Tau ah... Udah balik ke tempat duduk loe sana. Ada Bu Risti tuh, mau masuk ke kelas”
“Ya... ya...”
* * * * *
Nindi berjalan santai di koridor kelas sambil menenteng snack kesukaannya. Dia berjalan menuju kelasnya Reno. Setelah sampai di depan pintu kelas Reno, Nindi melihat Reno yang masih mencatat tulisan yang ada di papan tulis. Nindi pun berjalan mendekati Reno.
“RENO!!!” kata Nindi sambil menepuk pundak Reno. Reno pun langsung terkejut sampai pulpennya jatuh ke lantai.
“Ngapain sih loe? Ngagetin aja!” kata Reno sambil mengambil pulpennya yang jatuh.
“Lagian loe serius banget sih” kata Nindi sambil duduk di samping Reno.
“Ada apaan sih? Tumben loe ceria banget”
“Hari ini gue seneng banget. Soalnya gue janjian mau ketemuan sama orang itu. Orang yang selalu ngirimin puisi buat gue”
“Bagaimana bisa?”
“Bisa! Nih dia nulis dipuisi ini” kata Nindi menyerahkan kertas ke Reno.

Wahai bidadari hatiku,
Bila aku bisa memohon,
Yang aku minta adalah melihat senyummu
Senyummu yang polos, sepolos kapas
Senyummu yang terang, seterang rembulan
Aku akan memberikan perasaan terindah untukmu
Karena aku menyadari, aku telah jatuh cinta padamu
AR
Nb: Aku menunggumu di Taman Teratai jam 5 sore ini


“Jiah... Kata-katanya gombal banget” kata Reno mengembalikan kertas itu.
“Biarin aja! Tau nggak, gue dapet surat ini tadi pagi lho! Seneng banget deh tiap hari gue dapet puisi romantis terus. Kata-katanya sangat menyentuh hati gue. Kayaknya orangnya keren deh! Tapi dia cuma pake inisial doang sih”
“Emang loe segitu sukanya apa sama dia? Ngeliat orangnya aja belum”
“Suka banget! Tiap hari gue selalu baca puisi dari dia. Gue juga terinspirasi bikin puisi karena dia. Pokoknya dia yang terbaik deh” kata Nindi sambil senyum-senyum.
“Ih, kayak orang gila loe. Senyum-senyum sendiri” kata Reno sambil merapikan alat tulisnya.
“Biarin aja! Eh, loe mau nemenin gue nggak? Nemenin gue ketemuan sama orang itu? Kalo sendirian, gue bisa grogi nih! Mau ya?”
“Maaf ya, Nindi! Sore ini gue ada latihan basket. Jadi gue nggak bisa nganterin loe”
“Yah, nggak bisa ya. Yaudah deh! Eh buruan gue mau pulang nih. Nyatet aja lama banget!”
“Nih udah selesai. Yaudah yuk!”. Lalu mereka berdua pulang bersama seperti biasanya.
* * * * *
“Hah, udah jam setengah lima? Gue ketiduran nih!” kata Nindi sambil beranjak dari tempat tidurnya. Dengan memakai sweater putih dan celana jeans biru, Nindi pergi ke Taman Teratai yang tidak jauh dari rumahnya. Sesampainya disana, Nindi melihat ada cowok yang sedang berdiri memandangi danau. Apa dia yang yang namanya AR? pikir Nindi. Perlahan Nindi mendekati cowok itu.
“Apakah loe orang yang inisialnya AR?” kata Nindi pelan.
“Ya!” jawab cowok sambil menoleh kearah Nindi. Alangkah terkejutnya Nindi saat dia mengetahui bahwa cowok yang selama ini mengirimkan puisi untuknya adalah Reno!
“Re... Reno! Loe itu orang yang... yang inisialnya AR?” kata Nindi terbata-bata.
“Iya Nindi! Gue adalah orang yang berinisial AR itu”
“Kok bisa? Nama loe kan Reno Prasetya. Jadi inisial loe RP bukan AR. Pasti ada yang salah deh” kata Nindi nggak percaya.
“Sebenarnya nama gue Anggana Reno Prasetyo”
“Oh ya gue lupa! Tapi, loe kan nggak bisa buat puisi?”
“Sebenernya gue tuh bisa bikin puisi. Lebih jago dari loe lagi”
“Tapi kenapa loe berbuat hal kayak gini? Tiap hari selalu ngirim puisi buat gue”
“ Karena aku menyadari, aku telah jatuh cinta padamu”
“Ih, nyebelin banget sih loe! Kenapa nggak bilang dari awal kalo yang ngirim puisi itu loe?”
“Biar loe penasaran. Soalnya gue takut kalau gue bilang gue yang ngirim puisi itu nanti keadaannya malah jadi aneh. Jadi gue hanya bisa jadi secret admirer aja”
“Terus kenapa waktu itu loe bilang dia kan cuma sahabat doang. Nggak lebih. Kenapa?”
“Karena waktu itu loe lagi berduaan sama si Arya. Deket banget lagi! Kan gue kesel !”
“Jadi, waktu itu loe cemburu sama Arya! Ya ampun Reno, Arya kan pacarnya Tika, temen sebangku gue”
“Gue nggak tau. Terus kalo Arya pacarnya Tika, loe pacarnya siapa?”
“Gue kan nggak punya pacar. Gimana gue bisa punya pacar? Tiap hari kan gue selalu bareng sama loe”
“Kalau gitu... Nindi, maukah kau jadi kekasihku?” kata Reno sambil memegang kedua tangan Nindi.
“Sure. Why not?” kata Nindi sambil tersenyum.
“Makasih ya, Nindi. Akhirnya cinta gue nggak bertepuk sebelah tangan lagi” kata Reno sambil lompat kegirangan.
“Reno, jangan lompat-lompat kayak gitu. Nanti loe nyebur lagi ke danau”
“Nggak apa-apa kalau gue nyebur ke danau. Soalnya gue lagi seneng banget. Eh, Nindi, tiap hari gue bakalan buatin puisi buat loe. Gue bakalan buatin puisi untuk sang puitis. Hehehehe....”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar